Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Beli atau sewa hunian apartemen yang berlokasi di tengah-tengah pusat kota memang praktis. Terlebih di kota besar seperti Jakarta, dengan tingkat kemacetan dan kesibukan yang tinggi, tinggal di apartemen menjadi salah satu pilihan.

Belum lagi ditambah dengan fasilitas yang ditawarkan, membuat tinggal di apartemen semakin mudah.

Bagi Anda yang lajang, dan berencana untuk tinggal di apartemen, Anda wajib membaca beberapa penjelasan berikut agar tidak terjebak dalam ‘dosa’ sewa hunian apartemen level pemula.

Apa saja? Simak penjelasannya yang dilansir dari Okezone.

Menganggap remeh pembiayaan
Saat mencari rumah atau apartemen, hal yang paling utama yang harus Anda pikirkan adalah budget. Berapa banyak budget yang Anda punya? Yang harus Anda lakukan adalah menghitung pengeluaran bulanan, dan berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk menyewa apartemen. Kemudian, cari tahu berapa banyak apartemen yang bisa disewakan di lingkungan Anda dengan cara mencari di koran atau situs internet. Ini akan membantu Anda dalam memilih sewa hunian apartemen yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Selain itu, Anda jangan mengabaikan biaya-biaya awal saat pindah ke apartemen. Seperti biaya tanda jadi untuk apartemen, uang jaminan dengan sewa satu bulan pertama, biaya listrik gas, tv kabel, telepon, hewan peliharaan jika punya, parkir, keamanan, dan jangan lupakan biaya perabotan baru Anda. Semua itu bila ditotal bisa mencapai USD4.000 atau Rp46 jutaan (kurs Rp11.644 per USD) untuk apartemen baru Anda.

Yang harus Anda ingat, jangan sekali-sekali bergantung pada kartu kredit untuk mendanai pengeluaran seperti ini. Anda tentu tidak ingin memulai kehidupan baru dengan dikejar-kejar utang akibat tingginya bunga. Karena sekali terjerat utang, akan sulit untuk melepaskan diri. Setelah semua biaya-biaya awal terlunasi, Anda juga belum bisa bernapas lega. Jangan lupa memperhitungkan biaya bulanan lainnya seperti tagihan listrik gas dan listrik, sampah, air, internet, Tv kabel dan telepon. Mulailah dari sekarang untuk membuat anggaran pengeluaran.

Tidak memiliki prioritas
Sebelum memulai berburu apartemen, terlebih dahulu tulis daftar mana yang menjadi kebutuhan atau keinginan Anda. Ini berguna agar Anda tak menyesal dikemudian harinya. Tinggal di apartemen di tengah kota memang menawarkan pemandangan kota yang indah, namun semua itu jangan sampai harus Anda bayar dengan perjalanan yang melelahkan menuju tempat kerja yang jauh akibat salah memilih.

Tidak mengecek apartemen secara detail sebelum pindah
Sebelum membeli apartemen pastikan Anda mengecek dengan benar ukuran apartemen Anda. Tentu Anda tidak menginginkan saat membeli sofa ternyata tidak muat masuk kedalam pintu apartemen Anda. Nyalakan air dan penyiram toilet untuk memastikan semuanya bisa digunakan dengan baik. Cek juga listrik seperti lampu, oven, AC, peralatan lainnya. Periksa juga lorong-lorong apartemen, area umum, dan tempat parkirnya apakah cukup bersih atau tidak? Selain itu cek juga mesin cuci dan pengeringnya, dan yang paling penting pastikan di kamar Anda dapat menerima sinyal dari ponsel Anda.

Periksa setiap kerusakan dan kecacatan yang ada dalam unit di apartemen Anda, foto bila perlu. Kemudian laporkan pada pihak apartemen agar bisa segera diperbaiki.