Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Menempati rumah hadap barat berisiko terkena panas matahari sekitar pukul 14.00-16.30. Suhu panas yang demikian tinggi di luar, membuat ruang di dalam rumah pun akan menjadi panas. Sinar matahari yang datang menjadi satu paket dengan panas matahari.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena dengan siasat jitu, dapat dipisahkan secara bijaksana antara panas dan sinar.

Panasnya dapat dihalau yang kemudian dimanfaatkan sebagai sumber cahaya pada malam hari, sedangkan cahaya matahari diambil sebanyak-banyaknya, sebagai penerangan alami pada siang hari.

Cahaya matahari dimanfaatkan sebesar-besarnya sebagai penerangan alami, dengan membuat jendela.

Bersamaan dengan cahaya matahari masuk ke dalam ruang, maka panas matahari pun ikut masuk ke dalamnya. Untuk itu, perlu sebuah “benteng” agar panas matahari tidak dapat masuk, tetapi sinar dan sirkulasi udara tetap dapat masuk ke dalam ruang.

Pertama dengan membuat selasar. Adanya selasar di rumah hadap barat memberikan ruang yang cukup di depan jendela atau bukaan agar panas matahari tidak dapat masuk ke dalam ruang. Ruang tersebut berbentuk selasar dengan jarak tertentu sehingga panas matahari tidak menerobos masuk ke dalam ruang.

Penyelesaian menggunakan elemen estetika pada fasad sebagai secondary skin bangunan. Selasar di sepanjang tepi bangunan merupakan ruang penahan panas matahari agar tidak masuk ke dalam ruang.