Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Ruangan yang bau pasti sangat tidak nyaman ditempati. Penyebabnya bisa bermacam-macam: Kotoran, bangkai binatang, bulu hewan peliharaan, permukaan lantai yang sudah lama tak dibersihkan, bantal guling tak kunjung dicuci, atau tumpahan makanan dan minuman yang meninggalkan jejak. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bau dalam ruangan? Simak tips dan trik berikut!

Identifikasi Sumber Bau Ruangan


Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum mencoba menghilangkan bau dalam ruangan adalah mengidentifikasi sumber bau. Apa yang menyebabkan aroma tak sedap tersebut? Kain jemuran tak kering, kah? Kotoran, kah? Bangkai binatang, kah?

Bersihkan

Setelah sumber bau dalam ruang diidentifikasi, bersihkan ruangan dari sumber bau tersebut. Jangan lupa lap/gosok permukaan tempat sumber bau berada hingga benar-benar bersih dan tidak meninggalkan jejak. Gunakan juga cairan karbol pembunuh bakteri bila diperlukan.


Pakai Pengharum Ruangan

Selepas membersihkan sumber bau hingga tuntas, waktunya memakai pengharum ruangan! Pengharum ruangan ini akan menjamin rumahmu bebas bau untuk waktu lama . Apa saja yang bisa digunakan sebagai pengharum ruangan? Berikut beberapa di antaranya:

    Bunga Segar

Ambil bunga segar dari pekarangan rumah dan taruh di dalam vas besar untuk mengurangi bau tak diinginkan dari dalam rumah. Toppers bisa gunakan bunga melati, bunga lili, bunga anggrek, tanaman Belanda, hingga tanaman lidah mertua. Namun ingat, bunga dan tanaman ini tetap harus diganti selama beberapa hari sekali ya, untuk menjamin kesegarannya!

    Parfum Mobil

Parfum mobil tersedia di pasaran dalam berbagai varian wangi sejuk nan menenangkan. Namun, parfum mobil ini dapat dipakai untuk menghilangkan bau dalam rumah juga, lho! Caranya, pasang parfum mobil/clip on car freshener di dekat jendela, ventilasi, atau gantung di depan AC agar wanginya menyebar ke seluruh ruangan.

    Lilin Harum

Cara selanjutnya untuk mengatasi bau tak sedap di ruangan atau kamar adalah dengan memasang lilin segar di tiap sudut-sudut rumah. Menggunakan lilin bukan berarti harus dinyalakan dan dibakar. Cukup dengan menaruhnya di tempat-tempat yang diinginkan, lilin ini akan menyebarkan wangi harum.

    Lilin Aromaterapi

Serupa dengan cara menghilangkan bau dalam ruangan sebelumnya, trik ketiga adalah menggunakan lilin aromaterapi yang banyak tersedia di pasaran, bahkan di marketplace dalam jaringan seperti Tokopedia. Keuntungan dari lilin aromaterapi ini, selain dapat mengusir bau tak enak, juga bisa memberi efek-efek tertentu, misalnya wangi lavender dapat menenangkan, wangi citrus dari lemon dapat menyegarkan mood, atau wangi melati untuk membuat suasana menjadi lebih baik.

    Kertas Pengering

Tak hanya berfungsi dalam kegiatan mencuci baju atau kain, dry sheet atau kertas pengering juga dapat digunakan untuk membuat ruangan memiliki wangi segar. Bagaimana caranya? Tempel beberapa helai kertas pengering di permukaan kipas angin atau AC ruangan. Mudah, bukan?

    Rempah-rempah

Indonesia diberkahi dengan jenis rempah-rempah yang amat beragam. Beberapa di antaranya sangat ampuh bila digunakan sebagai penghilang bau dalam ruangan. Campur rempah-rempah seperti cengkeh dengan beberapa iris jeruk, bubuk kayu manis, ranting beraroma sedap, serta bumbu lainnya ke dalam sebuah toples, masukkan ke dalam sebuah wadah, lalu masak di atas api/ tungku berkekuatan rendah. Aroma manis akan menguar dan mengusir bau tak sedap dari rumahmu .

    Bubuk Kopi

Tahukah Toppers bahwa bubuk kopi memiliki sejuta manfaat? Tak hanya dapat dipakai untuk mengurangi stretch marks di permukaan kulit atau mencerahkan wajah, bubuk kopi juga dapat berfungsi sebagai pengusir bau tak sedap. Hal ini karena bubuk kopi memiliki kemampuan menyerap bau pengap atau anyir. Taruh bubuk kopi dalam wadah-wadah kecil lalu letakkan di sudut-sudut ruangan rumah.

    Baking Soda

Bila penyebab bau tak sedap dalam ruangan adalah menempelnya asap rokok pada permukaan gorden, tembok, meja, atau kursi, cara cepat untuk mengenyahkan bau tersebut adalah dengan mengelapnya menggunakan kain yang sudah dicampur baking soda dan air. Pertama, larutkan baking soda dalam air. Celup kain selama beberapa saat, lalu lap permukaan-permukaan dalam rumah dengan kain tersebut. Diamkan selama setengah jam, kemudian akhiri dengan mengelapnya lagi menggunakan kain basah.

    Abu Gosok

Dapur atau pekarangan rumah bau karena ada tempat-tempat sampah? Cara menghilangkannya adalah dengan menggunakan abu gosok. Beli abu gosok di warung terdekat, lalu taburkan beberapa genggam abu gosok di sekitar tempat sampah. Bau akan hilang seketika!

    Cuka

Seringkali, bau asap rokok dalam ruangan tak dapat dihindari, terutama bila ada anggota keluargamu yang merokok, atau rumah baru saja kedatangan tamu. Bau rokok pastinya sangat tidak enak, bukan? Usir bau rokok dengan meletakkan wadah kecil berisi cuka makanan di sudut-sudut rumah. Diamkan selama semalam agar bau rokok benar-benar pergi.

    Bawang

Beberapa orang tidak tahan dengan bau ruangan yang baru dicat. Bau cat memang membutuhkan waktu cukup lama hingga benar-benar tiada. Cara mengatasi bau cat adalah dengan memotong bawang Bombay, lalu mencelupkannya pada sebuah ember atau panci berukuran sedang. Taruh ember di ruangan yang baru dicat. Bawang putih juga bisa digunakan. Gantung beberapa siung bawang putih di depan kipas angin, lalu arahkan kipas angin ke tembok-tembok yang masih berbau cat.

Itu dia beberapa cara menghilangkan bau dalam ruangan secara praktis dan cepat. Tanpa perlu repot-repot, kamu bisa usir bau tak sedap seketika!
 
 
Sumber : (www.tokopedia.com)